PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Authors

  • Hardiansyah Hardiansyah STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Sumenda Sumenda STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Rachmat Wasqita STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT, Kemampuan komunikasi matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Moyo Utara sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil analisis data menunjukan perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai thitung 6,345 > 2,019 nilai ttabel. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan adalah 80,227 lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol adalah 66,59. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

References

Ainun, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 71-83.

Handayani, A. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1-6.

Kurniaty, F, et.al. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Aspek Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa. E-jurnal Pensa, 5(2), 54-59.

Permendiknas nomor 22. (2006). Tujuan pembelajaran matematika. http://matematikalujeng.blogspot.co.id diakses 23 juli 2017.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-04-02 — Updated on 2023-04-05

Issue

Section

Articles