ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WOHA
Keywords:
Bahan Ajar, Pembelajaran Daring, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bahan ajar yang digunakan guru selama proses pembelajaran daring dan keefektifan bahan ajar yang digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Woha. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru matematika untuk mengetahui bentuk bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran daring dan sampel 10 siswa dalam 1 kelas sebagai responden yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar yang digunakan guru selama proses pembelajaran daring pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Woha Tahun Ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Proses analisis data melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni guru menggunakan bentuk bahan ajar visual dan bahan ajar audio visual. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tingkat keefektifan sudah memenuhi KKM dan mencapai kategori Tinggi. dengan demikian bahan ajar yang digunakan guru matematika selama proses pembelajaran daring efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Woha.
References
Abdullah, Walib. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Vol. 7. No. 1. p-ISSN: 2442-2401. e-ISSN: 2477-5622. IAIAI – Khairat Pemekasan: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Diakses 26 maret 2020.
Abidah, N., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., Mutakinati, L. (2020). The impact of Covid-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-39.
Ahmadi, Sofan Amri dan Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kretif Dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Ahmadi H. Abu dan Uhbiyati Nur. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Alawiyah, F. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi.
Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnesi dan hamid. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Astini, N. K. S. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), pp. 13–25.
Ekawati, E. & Sumaryanta. (2011). Pengembangan Instrument Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 10(1).
Hasratuddin. (2015). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. dalam Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. Vol 6 No.2
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrument Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47. http://doi.org/10.31980/jpetik.v5il.445.
Kamarullah. Juni (2017). “Pendidikan Matematika” Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 1. No 1.
Lestari Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Martono. (2015). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mona, Nailul. (2020). “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Volume 2 Nomor 2 (Januari-Juni, 2020).
Musfiqon, dan Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Mutia, I. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.
Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner’s Characteristics and Learning Bahaviour on Learning Performance During a Fully Online Course. Electronic Journal ff E-Learning, 12(4), 398-408.
Nasution, Lafina Enthy. 2020. Uraian Singkat Tentang E-Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Noeng, Muhadjir. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Rakesarasin.
Nurdyansyah. N., Andiek Widodo. (2015). Inovasi Tentang Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurdyansyah, N., Eni Fariyarul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pranajaya, Hendra Wicaksono. 2017. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) di Kalangan Pelajar (Studi kasus di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi dan Humaniora, Vol 7. No.1. (http://proceeding.unisba.ac.id, diakses 25 Juli 2021).
Sudarsana, Ketut Sudarsana, Dkk. 2020. Covid-19 Perspektif Pendidikan. Jawa Timur: Yayasan Kita Menulis.
Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2),297-302.
Suyono dan Hariyanto. (2016). Belajar Dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosda karya.
Syaodih, Nana. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Taylor, (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI_MR), I(1), 20-26.
Wahyuningsih, Dian & Sungkono. 2017. Peningkatan Interaktivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, (Online), Vol. 4. No.2 (https://journal.uny.ac.id, diakses 3 Februari 2021).
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Dimasa Pandemic Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. http://doi.org/10.24198/jppm/v7il.28256.
Zuhri, Syaifuddin dkk. 2020. Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: Intrans Publishing Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiwin Putriawati, Nurlaila Nurlaila, Saraswati Haylian Chiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.