PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBAWA

Authors

  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Desi Maulidyawati Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Model Pembelajaran; Problem Posing; Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah pada siswa kelas VII pada materi himpunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbawa Besar. Pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan diperoleh kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen di-treatment menggunanakan model pembelajaran Problem Posing, sedangkan kelas kontrol di-treatment dengan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan angket. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata dua sampel tidak berpasangan  dan uji beda rata-rata dua sampel berpasangan dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0. Sedangkan angket diberikan kepada kelas eksperimen dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil uji beda rata-rata berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan  pemecahan masalah matematika antara siswa pada pembelajaran Problem Posing dengan siswa dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pretest dan posttest siswa Kelas Kontrol mendapatkan peningkatan sebesar 14,0 sedangkan peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 44,6. Hasil uji beda rata-rata tidak berpasangan  menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada siswa pada pembelajaran konvensional. Hasil analisis angket menunjukan bahwa sikap siswa terhadap model pembelajaran problem posing secara keseluruhan menunjukkan sikap positif.

References

Asriningsih, TM. (2014). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Gamatika. Vol. 5 No. 1.

Azizah, Rialita Fitri. Etc. All. (2017). Penalaran Matematika dalam Penyelesaian Soal PISA pada Usia 15 Tahun di SMA Negeri 1 Jember. KADIKMA, Vol. 8, N0.1 April 2017.

Daryati, D., Nugraha., & Sutarni, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 27 No. 1.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ferdianto, F. & Ganny. Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Matematika Siswa melalui Problem Posing. Jurnal Euclid. Vol. 1 No. 1.

Herawati, O. Dwi Putra., Siroj, R., & Basir, Djahir. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1.

Iqram, Wal. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Posing SMP Negeri 2 Baraka, Kabupaten Enrekang. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 2, No. 1, Juli 2014.

Jabar, Abdul. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing UNTUK Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JurnalPendidikanMatematika. Vol. 1, No. 2.

Japa, I Gusti Ngurah. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kuantum Berorientasi Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Penalaran Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 20, Nomor 1, Juni 2014. LPTK dan ISPI.

Kemendikbud. (2017). Perbandingan Nilai Per Mata Ujian Siswa Tingkat Sekolah, Kota/ Kabupaten, Provinsi, dan Nasioanal. https://www.kemdikbud.go.id/. Diakses 14 juli 2017.

Mardana, I Gede. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Bakat Numerik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 8 Nomor 1.

Mawaddah, S. Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 no.2.

Noor, Idris HM. (2010). Penelitiandan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, Vol. 16 No. 3 Mei 2010. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional.

Novitasari.(2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Geometri Kelas X SMK 2 Nganjuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.3 No. 3. Universitas Negeri Surabaya.

OECD. (2016). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015.https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1054www.oecd.org.edu/pisa

Prayekti dan Hanafi. (2010). Penerapan Six Sigma untuk Penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional SMU Di Lima DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan Vol. 16 No. 5. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional.

Ramdhani, Sendi. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahdan Koneksi Matematis Siswa.[online] repository.upi.edu. [16 Desember 2017.

Saragih, Sahat.(2006). Menumbuh Kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realisti. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.061, Tahun Ke-12, Juli 2006. BadanPenelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional

Sumartini, Tina Sri. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Jurnal “Mosharafa”, Volume 8, Nomor 3.

Downloads

Published

2023-04-03 — Updated on 2023-04-05

Issue

Section

Articles