ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUMBAWA

Authors

  • Pramusastri Pramusastri STIKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Muhammad Irham STIKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Aska Muta Yuliani STIKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Lalu Heriyanto STIKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Sikap, Kemampuan Matematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika di kelas X.IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumbawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dari kelas X.IPS 1dan dipilih berdasarkan klasifikasi kemampuan matematika siswa yang terbagi menjadi tiga kriteria, yaitu siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa siswa menunjukkan sikap positif dan sikap negatif terhadap matematika. Sikap tersebut ditunjukkan siswa melalui sikap kesukaannya terhadap matematika, sikap persetujuan terhadap penggunaan matematika dan sikap kemudahan terhadap matematika. Siswa yang berkemampuan matematika tinggi cenderung menunjukkan sikap positif terhadap matematika. Selain itu siswa dengan kemampuan matematika tinggi juga menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan matematika serta kemudahan terhadap matematika. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah dan sedang cenderung menunjukkan sikap negatif terhadap matematika. Hal tersebut ditunjukkan siswa melalui ketidaksukaannya terhadap matematika. Selain itu siswa tidak menunjukkan kemudahan terhadap  matematika selama proses pembelajaran berlangsung. Namun disisi lain siswa dengan kemampuan sedang dan rendah menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan matematika.

References

Dayakisni, T & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Limpo, J. N., Hasan, O & Maria, H.S. (2013). “Pengaruh Lingkungan Kelas terhadap Sikap Siswa untuk Pelajaran Matematika”. Jurnal Humanitas. 10(1), 37-48.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purnomo, Yani. (2016), Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika”. JKPM. 2(1), 93-105.

Sumantri, M. S & Ria, P. (2014). “Hubungan antara Sikap Matematika dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2), 84-92.

Downloads

Published

2023-04-02 — Updated on 2023-04-05

Issue

Section

Articles