ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SELAMA NEW NORMAL STKIP PARACENDEKIA NW SUMBAWA
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan RME, New Normal, PolyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif, subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Siswa tingkat KPM tinggi dapat menyelesaiakan semua masalah yang diberikan dengan empat tahapan pemecahan masalah Polya, siswa dapat memahami masalah dengan benar. Tetapi pada soal nomor 1 dan 4, siswa tidak menuliskan dengan lengkap tahapan membuat rencana. Siswa KPM sedang hanya dapat menyelesaikan soal nomor 3 dan 4 dengan tahapan pemecahan masalah Polya dengan benar. Siswa tingkat KPM rendah hanya dapat menyelesaikan menyelesaikan masalah dengan tahap pemecahan masalah polya dengan benar pada soal nomor 1 saja. Untuk soal nomor 2,3 dan 4 siswa tidak dapat menyelesaiakan tahapannya.
References
Afrida, AN. & Handayani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI melalui Model ARIAS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 33-39.
Non Bunga, Isrok’atun, & Julia. (2016). Pendekatan Realistic Matematics Educations untuk Meningktkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441- 449.
Cahyani H., Setyawati R.W. (2016). Pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.
Farida, N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PKIP Universitas Muhammadiyah Metro. 4(2)
Fitriani, D. (2020). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dan Implementasi terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram. Tidak dipublikasikan
Irham, M. (2016). Pola Metakognisi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 161-169.
Kurniasari, A., Pribowo, FSP., & Putra, DA., (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3), 246-253.
Marpaung, N.Q.R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di MTS Swasta Aisyiyah Sumatra Utara”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Purba, O.N. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematics (PMR). Jurnal Axiom: VI(1) 2087-8249.
Sari, A., & Yuniati, S., (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia, 2(2) 71-80.
Sideng, W. (2020). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah aljabar berkarakter TIMSS pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Skripsi,Universitas Muhammadiyah Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fauzan Aan Andriansyah Saputra, Muhammad Irham, Rina Susilowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.