MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 SUMBAWA

Authors

  • Vina Setya Lestari
  • Aska Muta Yuliani

Keywords:

Manajemen, pembelajaran, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan manajemen pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Sumbawa Besar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa (1) perencaanaan pembelajaran, (2) pengorgansasin pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, (4) evaluasi pembelajaran. Metode pengumpulan data meliputi, wawancara, observasi, angket dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran disesuaikan kurikulum 2013 dan disusun secara berkelompok antar guru yang mengajar kelas yang sama dan dievaluasi oleh kepala sekolah (2) pengorganisasian materi dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. (3) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru matematika secara umum sesuai dengan RPP yang direncanakan. Namun, guru belum menggunakan metode dan model pembelajaran kooperatif atau kolaboratif untuk menciptakan kemampuan kerjasama siswa yang merupakan bagian dari tahapan pembelajaran dalam RPP (4) penilaian pembelajaran meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan evaluasi melalui rapat di akhir semester yang dipimpin oleh kepala sekolah. Tindak lanjutnya berupa pemberian reward berupa piagam dan buku bagi siswa yang berprestasi

References

Batlolona, John Rafafy. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia. Vol 1. No 1. 2021.

Magdalena (2011). Manajemen Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. VI, No.2011

Manullang, Martua. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol 21. No 2. 2014

Marlina, Winda & Dhitsaha Jayanti (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, Vol.4, No.1

Mustadi, Ali (2014). Lesson Study Berbasis Collaborative Learning Sebagai Model Pemantapan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar. Diakses dari Google Scholar.

Rukajat, Arat. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama. hlm.10-64.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group.

Siburian, M. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja. Skripsi, hlm 5.

Surakhmad, Winarno. (2009). Pendidikan Nasional Strategi dan Tragedi, Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Viona, Mega., Syukri & Halida (2016). Kemampuan Guru Menerapkan Model Pembelajaran BCCT Di TK Mujahidin II Pontianak Timur.

Downloads

Published

2023-04-04 — Updated on 2023-04-05

Issue

Section

Articles