ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Keywords:
Kemampuan MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran problem solver. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang diperoleh 3 orang siswa. Kriteria pemilihan subjek adalah dengan melihat tingkat kemampuan matematika sedang dan rendah, dan teknik pemilihannya adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan tes tertulis. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan seluruh permasalahan pembelajaran problem solver. Dan proses matematika telah memenuhi semuanya. Dan proses matematis siswa hanya memenuhi beberapa indikator pada soal tersebut. Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya dapat menyelesaikan beberapa soal dengan benar dan masih terdapat kesalahan pada langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran. Dan proses matematis siswa hanya memenuhi beberapa indikator isi ruang dan bentuk pada setiap soal
References
Djamarah, S. A. (2010). Strategi Belajar mengajar. Rineka Cipta.
Farida, N. (2015). Analisis kesalahansiswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Hidayat, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., &Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape And Space. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 196.
Hamruni.(2009). strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Komariah, K. (2011). penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. prosiding seminar Nasional Penelitian Pendidikan Dan penerapan MIPA, 182.
Kusumawardani, D. R., Wardono & Kartono. (2018). pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. PRISMA,Prosiding seminar Nasional Matematika, 581.
Moleong,Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufarokah, A. (2013). strategi dan model model pembelajaran.
Qadry, I. K., Dassa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 78-92.
Stecey, K & Tuner, R.,Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience, Australia :Springer, 2015
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Putri Ningsih, Muhammad Irham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.