DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Safriman Jaya STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Kesulitan Belajar, Proses Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan kesulitan belajar mahasiswa pada proses pembelajaran daring dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Adapun subjek yang akan diteliti mahasiswa semester II, IV, dan VI mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengikuti perkuliahan melalui metode daring pada semester genap TA. 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan validitas instrumen dan uji persentase deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kesulitan belajar mahasiswa pada proses pembelajaran daring pada indikator kendala teknis adalah kendala sinyal dengan persentase mencapai 95,46%, (2) Kesulitan belajar mahasiswa pada indicator kemampuan belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring yang menjadi kendala utama adalah mahasiswa mudah menyerah dalam menyelesaikan soal/tugas dengan persentase 59,09%, dan (3) Kesulitan belajar mahasiswa pada indikator interaksi, tugas dan materi ajar ang paling sering dialami mahasiswa adalah kegiatan perkuliahan sering hanya berupa tugas dengan persentase 77,27%

References

Putri, L.A.,& Dewi, P.S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema. Journal Pendidikan Matematika. 2(1), 32-39.

Rohmah, L., (2016). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. An-Nur: Jurnal Studi Islam. 3(2).

Mustakim (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemic covid-19 pada mata pelajaran matematika. Journal of Islamic Education, 2(1).

Fitriani, Y., Fauzi, I & Sari, M.Z (2020) Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemic Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2).

Utami,YP & Cahyono, DAD. (2020) Study at home : analisis kesulitan belajar siswa pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(1), 20-26.

Downloads

Published

2023-10-18