STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA NEW NORMAL

Authors

  • Siti Khoriatul Hafizah STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Matematika, New Normal.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan guru selama pembelajaran di masa new normal. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada strategi pengorganisasian, dalam pembelajaran daring guru masih menggunakan RPP tatap muka, guru masih kesulitan beradaptasi dalam pembelajaran daring, dan prosedur pembelajaran hanya melalui tiga tahap yakni pembukaan, penyampaian materi dan tugas sebagai penutup. Sedangkan untuk strategi penyampaian guru menyampaikan pembelajaran melalui grup Whatsapp. strategi penyampaian guru tidak semaksimal pembelajaran tatap muka. Strategi pengelolaan dalam pembelajaran daring, dalam pembelajaran tatap muka dan daring guru menggunakan manajemen/ peraturan yang sama, yang dimana waktu yang diberikan dalam satu jam pembelajaran 30 menit saja, dan untuk waktu yang diberikan tidak cukup untuk pembelajaran.

References

Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2).

Annur, M. F. & Hermansyah (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan: 11(2), 195-201.

Hutauruk, A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : kajian kualitatif deskriptif. Journal of mathematics education and applied, 2(1), 45-51

Jamilah. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 239-245.

Mubarok, R. (2020). Dinamika Lembaga Pendidikan Dasar Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring.Jurnal Ilmu Pendidikan,21(1), 15

Purwanti, L.T. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Nasional PascasarjanaUNNES,290.

Setiawan, A. R. (2020, April 6). Di Mana Letak Penting Lembaga Pendidikan? Dipetik April 6, 2020, dari Alobatnic: https://alobatnic.blogspot.com/2020/04/dimana-letakpenting-lembagapendidikan.html

Warsita, B. W. B. (2014). Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84-96.

World Health Organization. Novel Coronavirus (COVID-19) Situation Report – 25. [Internet]. 2020 [cited 14 February 2020] Available from: https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200214-sitrep-25-covid-19.pdf?sfvrsn=61dda7d_2

Downloads

Published

2023-10-18