ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL KONKRET
Keywords:
Analisis Kesalahan Siswa, Prosedur Newman,Soal Cerita SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV berdasarkan metode Newman pada siswa MTs NW Samawa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, artinya kesulitan yang akan diteliti dipilih sepenuhnya berdasarkan peneliti sesuai dengan tujuannya, kemudian subjek diambil secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas IX MTs NW Samawa. Instrument yang digunakan adalah tes berjumlah 3 soal cerita matematika materi SPLDV dan wawancara. Analisis kesalahan siswa mengacu pada kesalahan dengan tahap Newman yang meliputi empat tahap, yaitu kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil dari penelitian ini yang sering dilakukan adalah kesalah memahami. Subyek penelitian yang kemudian diwawancarai adalah S2 berupa kesalahan memahami, S3 berupa kesalahan transformasi, S1 berupa kesalahan keterampilan proses dan S6 berupa kesalahan penulisan jawaban akhir.
References
Haryati, Tuti. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika . Malang: FMIPA Universitas Negri Malang.
Jha, S. (2012). Mathematics Perfomance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Application in Engineering Sciences, vol II.Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan NEWMAN pada Soal Cerita Matematis (NEWMAN’s Error Analysis in Mthematical World Problems). Jurnal PARADIKMA 8 (1).
Legutko,M. (2008). An Analysis of Students Mathematical Errrors in The Teaching Research Process. Prosiding Handbook of Mathematics Teaching Research. Krakow: University of Krakow.
Melani, M. E, Agung Hartoyo dan Dian Ahmad. (2016). Deskripsi Proses PenyelesaianSoal Cerita Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.5,No.9
Prakitipong and Nakamaru, S. (2006). Analysis of Mathematics Perfomance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education , Vol. 9, No. 1.
Rochmad. (2011). Skema Kognitif Pemecahan Masalah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Singh, P. R. (2010). The NEWMAN Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysia Perspective. Procedia on International Conference on Mathematics Education Research 2010
(ICMER 2010). Procedia Social and Behavioral Sciences 8 (2010) . Shah Alam: Universitas Technology MARA.
Sudjono, Anas, (2009), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo
Sudjana, Nana. (2014) . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Dubuque Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana Prenadamedia Prenadamedia Grup.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa.(2008).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Bahasa Departmen Pendidikan Nasional
Wijaya, A.A dan Masriayah. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal MathEdunesa. Vol. 2, No.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Romi Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.