STRATEGI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PENDEKATAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMBAWA PADA SEKOLAH DASAR DI SUMBAWA BESAR

Authors

  • Samsun Amri STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • M Khoiri STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Erdiansyah Riski STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Nora Nuraida STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Riski Putra STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Rani Mulyani STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Bullying, sekolah dasar, pendidikan karakter, kearifan lokal.

Abstract

Kasus bullying dewasa ini semakin marak terjadi khususnya pada sektor pendidikan dasar di Indonesia. Menurut PISA (Programme for  International Student Assesment ),  2018. Indonesia Menduduki peringkat kelima teritingi dari 78 negara dengan kasus perundungan tertinggi di dunia. Anak pada usia 6-12 tahun merupaakan salah faktor penyebab terjadinya bullying. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya bullying di sekolah dasar dan strategi penanganannya melalui pendekatan penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumbawa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ditemukan beberapa faktor penyebab terjadinya bullying, diantaranya : (1) Pola asuh keluarga, (2) Iklim sekolah, (3) Lingkungan pergaulan yang buruk, dan (4) Pengaruh media. Strategi yang digunakan dalam menangani tindakan bullying pada penelitian ini adalah dengan cara pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Sumbawa dalam pembiasaan atau aktivitas sehari-hari para siswa, seperti pada kegiatan imtaq, kegiatan  belajar mengajar, dan aturan kelas yang disepakati secara bersama oleh warga kelas

References

Arifin, Imamul, dkk. 2022. “Terapi Istighfar Sebagai Solusi Mencegah Bullying Di Kalangan Pelajar” dalam journal psikologi islam, Vol.9 No. 1(hal. 34-46). Surabaya : Politeknik Negeri Surabaya.

Faiz, Aiman dan Soleh, Bukhori. 2021. “Implementasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal” dalam Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol. 7 No. 1 (hal. 68-77). Cirebon : Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dewi, Putu Yulia Angga. 2020. “Perilaku School Bullying pada Sekolah Dasar” dalam Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 1 No. 1 (hal. 39-48). Singaraja : Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi pendidikan Karakter. Purwokerto : STAIN Press Purwokerto.

Safitri, Ade dan Barulante, Arbi. 2018. “Strategi Kepala Sekolah dalam Melestarikan Nilai-Nilai Budaya Samawa pada Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Kecamatan Sumbawa” dalam Jurnal Kependidikan, Vol. 3 No. 1 (hal. 82-87). Sumbawa : Universitas Samawa.

Wulandari, Dea Rakhimafa. 2022. “Penanganan Bullying Melalui Penguatan Karakter pada Anak Usia Sekolah Dasar” dalam Jurnal Paradigma, Vol. 14 No. 01 (hal. 177-194). Magetan : STAI Ma’arif Magetan.

Kaso, Nurdin, dkk. 2021.”Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo” dalam Jurnal Madaniya, Vol. 2 No. 2 (hal. 152-167). Palopo : Institut Agama Islam Palopo.

Ramadhanti, dan Hidayat, Muhammad Taufik. 2022. “Strategi Guru dalam Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 3 (hal. 4566-4573). Surakarta : Universitas Surakarta.

Nasir, Amin. 2018. “Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah” dalam Journal of Guidance and Counseling Vol. 2 No. 2 (hal. 67-82). Kudus : IAIN Kudus, Jawa Tengah

Downloads

Published

2023-10-18