PENERAPAN PHET SIMULATION PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN SENILAI
Keywords:
Phet Simulation, Pembelajaran Matematika, Bilangan Pecahan SenilaiAbstract
Dalam paper ini dibahas penggunaan PhET Simulation sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar matematika khususnya materi bilangan pecahan senilai. PhET Simulation merupakan simulasi yang dapat digunakan oleh guru dalam mengajarkan materi bilangan pecahan senilai di kelas. Dengan menggunakan PhET Simulation, siswa akan terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan mengambil kesimpulan. PhET Simulation juga membuat materi yang dipelajari menjadi lebih menarik dan terlihat “nyata”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran sesudah mendapatkan pembelajaran dengan e-modul logika matematika berbasis phet simulation. Dengan demikian, siswa dapat lebih tertarik dalam pembelajaran materi ini yang pada akhirnya akan memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Sampel penilitian ini adalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Palang dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Pecahan Senilai.
References
Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The practicality and effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) model by using PhET simulation to increase students’ scientific creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2020). PhET simulation software-based learning to improve science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022017
Kusuma, R. V., & Mustofa, *Ali. (2023). Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Melalui Simulasi PhET : Kasus Mekanisme Seleksi Alam Pada Matakuliah Biologi Umum. Biolova, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.24127/biolova.v4i1.3364
Kusuma, R. V., & Yuliastuti, R. (2023). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Multiple Intelligences Siswa SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(1), 41–60. https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i1.613
Nisem, N. (2020). Upaya Ppeningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949
Prastyani, N. W. ., Ariawan, I. P. ., & Suharta, I. G. P. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 1 Kediri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Realistik Dengan Setting Kooperatif Berbantuan Lks Terstruktur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 19–29. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2849
Prima, E. C., Putri, A. R., & Rustaman, N. (2018). Learning solar system using PhET simulation to improve students’ understanding and motivation. Journal of Science Learning, 1(2), 60. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i2.10239
Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar Baru 01. Jurnal Persada, 3(3), 158–166.
Qausar, H., Absa, M., Hidayat, A. T., Mujtahid, Z., & Malikussaleh, U. (2023). Penerapan Pecahan Bersambung Dalam Melakukan Aproksimasi Bilangan Irasional Menuju Bilangan Rasional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 48–57.
Rohimah, S. M., Darta, D., & Anggraeni, R. I. (2022). Analisis Learning Obstacles pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 171–180. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6386
Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
Yanti Ginanjar, A. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachmalia Vinda Kusuma, Rachmat Wasqita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.