ANALISIS BERPIKIR PROBABILISTIK SISWA DALAM MENENTUKAN PELUANG SUATU KEJADIAN

Authors

  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • desi maulidyawati Universitas Teknologi Sumbawa
  • Abdurrahman STIT Al Amin Indramayu

Keywords:

Berpikir Probabilistik, Peluang, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir probabilistik siswa berdasarkan kategori subyektif, transisional, kuantitatif informal, dan numerik dalam menentukan peluang suatu kejadian. Penelitian ini merupakan pelenitian kualitatif dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gondang, Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berpikir probabilistik dalam bentuk pertanyaan terbuka yang memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban disertai dengan alasan mengapa menggunakan jawaban tersebut. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi berada pada level berpikir numerik dalam menentukan peluang suatu kejadian. Siswa dengan kemampuan sedang berada pada level berpikir kuantitatif informal. Siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi karakteristik salah satu dari empat level berpikir probabilistik. Siswa dengan kemampuan matematika rendah memenuhi karakteristik berpikir pra subyektif sehingga berada pada tersebut (level 0).

References

Hidayati, YM., & Afifah, N (2020). Analisis Berpikir Probabilistik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (2). 161 – 174.

Jones, G.A, Langrall, CW., Thorntol, CA., & Mogill, AT. (1997). A Framework For Assesing and Nurturing Young Children’s Thinking in Probability. Educational Studies in Mathematics, 32, 101-125.

Mahyudi (2017). Proses Berpikir Probabilistik Siswa SMA dalam Mengkonstruksi Konsep Permutasi dan Kombinasi. Educamatica, 7(2), 55-63.

Oktaviana, D. & Hodiyanto, H. (2018). Proses Berpikir Probabilistik Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Gender di IKIP PGRI Pontianak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(2), 2018, 109-118

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018). Analisis Penyelesaian tugas probabilitas siswa sd ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 124-139.

Shodiqin, A., Nuraini, A., & Wulandari, D. (2022). Profil Berpikir Probabilistik dalam Pemecahan Materi Peluang Kejadian Berdasarkan Self-efficacy. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(2), 229-246.

Sujadi, I. (2008). Rekontruksi Tingkat-tingkat Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika. 187-208.

Downloads

Published

2024-04-27

Issue

Section

Articles