ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS

Authors

  • Aska Muta Yuliani
  • Nita Putri Susanti STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Rizky Fadillah STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

Pemahaman Konsep matematika, Disposisi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan disposisi matematis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan Subjek ditentukan dengan metode sampling purposive. Jumlah Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 (enam) orang siswa pada kelas VIII MTs Gunung Galesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika tinggi dengan disposisi matematis tinggi dan rendah menjawab benar semua indikator pemahaman konsep matematika. Kedua siswa salah menjawab menerapkan konsep fungsi pada salah satu soal. Siswa kategori disposisi matematis tinggi juga salah menggambarkan grafik disebabkan ketidaktelitian dalam membaca soal. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika sedang dengan disposisi matematis tinggi dan rendah dapat menjawab benar beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Tetapi, kedua siswa tidak dapat menyajikan konsep dalam bentuk grafik yang disebabkan tidak memahami konsep himpunan dan fungsi. Siswa kategori disposisi matematis rendah juga salah menerapkan konsep fungsi secara algoritma. Siswa dengan pemahaman konsep matematika rendah dengan disposisi matematis tinggi benar dalam mengelompokkan objek-objek berdasarkan konsep matematika. Siswa yang memiliki disposisi matematis rendah tidak menjawab semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematika dengan benar. Kedua siswa belum menguasai konsep fungsi yang menyebabkan salah dalam menjawab

References

An. (2015). Music Activities As An Impetus For Hispanic Elementary Students’ Mathematical Disposition. Journal Of Mathematics Education, 8(2), 39-55.

Febriyanti, C., & Seruni. (2014). Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 245-254.

Gais, Z., & Afriansyah,E.A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. Jurnal Mosharafa, 6(2), 225-266.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung:PT Refika Aditama.

Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Generative Learning Di Kelas VIII Smp Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-17.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis. Makalah Seminar Pendidikan UNY, Yogyakarta. [online].http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%M.Pd%20Dr./Makalah%2012%20LSM%20April%202010%20Asosiasi%20KPMM%20dan%20Disposisi%20Matematispdf. (23Oktober2013).

Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Jurnal Of Mathematics Education, 7(1), 49-56.

Nurfalah, I. A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fungsi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 31-43.

Nurtini, Aminah, N. & Dewi, I. L. K. (2019). Analisis Hambatan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan. Gema Wiralodra, 10(2), 210-220.

Putri, P. M. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 3-6.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan daya dan disposisi matematis siswa sekolah menengah atas melalui pembelajaran investigasi. EDUCATIONIST, 3(2), 129-136.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM, 10(2), 57-71.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susilo, B. E., Darhim., & Prabawanto, S. (2019). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral Untuk Luas Daerah Dalam Perspektif Disposisi Matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif, 10(1), 86-93.

Widodo, F. (2014). Pemahaman Konsep Matematis, [online], digilib.unila.ac.id/1810/8/BAB%20%20II.pdf. 15 April 2015.

Downloads

Published

2024-04-26

Issue

Section

Articles