ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS SOAL HOTS PADA MATERI ALJABAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs PENYARING
Keywords:
Berpikir Kritis, HOTS, Materi AljabarAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis berbasis soal Hots pada materi aljabar matematika kelas VII di MTs Penyaring. Jenis penelitian yang dimanfaatkan yakni penelitian kualitatif melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang dimanfaatkan adalah purposive sampling. Proses pemerolehan data yang dilangsungkan peneliti dalam menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa, peneliti memberikan tes kemampuan berpikir kritis menggunakan soal berbasis HOTS kepada 10 siswa, hal ini digunakan untuk mendapatkan subjek penelitian yang ada pada kategori siswa dengan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dengan subjek ST (Subjek Tinggi), SS (Subjek Sedang), SR (Subjek Rendah). Instrumen yang dimanfaatkan ialah tes sejumlah 3 butir soal aljabar berbasis soal HOTS mengacu pada kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal HOTS.
Merujuk pada temuan analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Penyaring diperoleh bahwa rata rata kemampuan berpikir siswa berada pada kategori rendah. Adapun kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator ketercapian, yakni; 1) Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi memperlihatkan seluruh indikator yang dimanfaatkan yaitu merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. 2) Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis sedang memperlihatkan indikator merumuskan, menerapkan. 3) Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah tidak memperlihatkan kemampuan pada setiap indikator.
References
Agnafia, Desi Nuzul. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi.” Florea 6, no 1:45–53.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):80. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
Anugraheni, Indri. 2020. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):261–67. doi: 10.31004/cendekia.v4i1.197.
Benyamin, Abd Qodir, and I. Made Sulandra. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan SPLTV.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05, no 02:909–22.
Chotimah, Afifah Choirul, Christina Kartika Sari, Annisa Swastika, and Rini Setyaningsih. 2023. “Siswa Field Dependent Dan Field Independent: Bagaimana Kemampuan Berpikir Kritisnya Dalam Memecahkan Masalah HOTS?” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(3). doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2368.
Faiziyah, Nugthy, and Bagas Legawo Priyambodho. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Metakognisi Siswa.” Aksioma:JurnaL Program Studi Pendidikan Matematika 11 No 4:2823–35.
Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 0812(2019):181–87.
Helmawati. 2019. Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis HOTS. Pertama. edited by Pipih Latifah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamila, Alya, Saniatun Nafisah, Dita Aprilia, and Bagas Galuh Wicaksono. 2020. “Analisis Kemampuan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 1(22):119–26.
Kartikasari, Desta, Rosane Medriati, and Andik Purwanto. 2018. “Penerapan Discovery Learning Model Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Kalor Dan Perpindahan Kalor.” Jurnal Kumparan Fisika 1(2):1–7. doi: 10.33369/jkf.1.2.1-7.
Khasanah, Nurul, Tomi Listiawan, and Mugianto. 2020. “Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran.” Seminar Nasional STKIP PGRI Pacitan 2017 2(9):291–99. doi: 10.17605/OSF.IO/WSZA9.
Lin, Yue. 2018. Developing Critical Thinking in EFL Classes.
Lorencová, Hana, Eva Jarošová, Sofia Avgitidou, and Catherine Dimitriadou. 2019. “Critical Thinking Practices in Teacher Education Programmes: A Systematic Review.” Studies in Higher Education 44(5):844–59. doi: 10.1080/03075079.2019.1586331.
Na’im, Zulfatun, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. 2021. “Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring.” Pedagogika 12(1):32–52.
Nurhalita, Nora. 2021. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Abad Ke 21 Abstrak.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):298–303. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299.
Nurhayati, Lilis, Siti Zubaidah, and Diantoro Markus. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Journal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3 no 2.
Presianawati, Vita, Bagus Ardi Saputro, and Diana Endah Handayani. 2022. “Desain Didaktis Pembelajaran Rumus Luas Segi Empat Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktis Indonesia 2(1):19–39.
Purnaningsih, Wahyu, Stefanus Christian Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):367–75. doi:10.35568/naturalistic.v3i2.406.
Rahmadani, Yesika, and Puti Nala. 2021. “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA Terhadap Revolusi Industri 4.0 Dan Masyarakat 5.0. INFORMASI ARTIKEL.” 10(1):40–50.
Samaras, Steven A., Cheryl L. Adkins, and Charles D. White. 2021. “Developing Critical Thinking Skills: Simulations vs. Cases.” Journal of Education for Business 0(0):1–7. doi: 10.1080/08832323.2021.1932703.
Sandoval-Bravo, Salvador, Pedro Luis Celso-Arellano, Victor Gualajara, and Semei Coronado. 2019. “An Approximation of University Students’ Learning Ability in the Area of Probability.” European Journal of Contemporary Education 8(4):864–78. doi: 10.13187/ejced.2019.4.864.
Saputra, Hardika. 2020. “Kemampuan Berfikir Kritis Matematis.” Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung 2(April):1–7.
Syadiah, Ainun Nurul, and Ghullam Hamdu. 2020. “Analisis Rasch Untuk Soal Tes Berpikir Kritis Pada Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(2):138. doi: 10.25273/pe.v10i2.6524.
Syamsul, Arif, Basyaruddin, and Achmad Yuhdi. 2020. “Integration of High Order Thinking Skills in Research Method Subject in University.” Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal 2(1):378–83. doi: 10.33258/biolae.v2i1.207.
Tan, Liang See, Elizabeth Koh, Shu Shing Lee, Letchmi Devi Ponnusamy, and Keith Chiu Kian Tan. 2017. “The Complexities in Fostering Critical Thinking through School-Based Curriculum Innovation: Research Evidence from Singapore.” Asia Pacific Journal of Education 37(4):517–34. doi: 10.1080/02188791.2017.1389694.
Triwahyuningtyas, R., and T. D. Prastiti. 2021. “The Analysis on Implementing Discovery Learning-Based Learning Instruments in Improving Students ’ Creative and Innovative Thinking Skills in Completing Problem of Simple Multiplication by Using Jaritmatika.” 747:1–16. doi: 10.1088/1755-1315/747/1/012121.
Uslu, Salih. 2020. “Critical Thinking Dispositions of Social Studies Teacher Candidates.” Asian Journal of Education and Training 6(1):72–79. doi: 10.20448/journal.522.2020.61.72.79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurani, Saraswati Haylian Chiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.