PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Authors

  • Indah Cerdik Ningsih
  • Rina Susilowati STKIP Paracendekia NW Sumbawa

Keywords:

modul, project-based learning, aritmatika sosial

Abstract

Modul ajar merupakan salah satu bahan ajar yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakterisktik materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis metode project-based learning (PjBL) pada materi aritmatika sosial Kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 3D (define, design, develop), dengan uji kelayakan produk hanya pada aspek kevalidan. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelayakan materi sebesar 79,9% dengan kategori valid, kelayakan media sebesar 92,5% dengan kategori sangat valid, dan praktisi mendapatkan kelayakan 91,6% dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil validator asal ketiga aspek yaitu 88% yang dikategorikan sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul dikatakan sangat valid serta layak diujicobakan pada siswa.

References

Afifah, S. F. N., & Khabibah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v6n2.p%25p

Afriana, Jaka. (2015). Project-based learning (PjBL). Makalah Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpandu. Program Studi Pendidikan IPA sekolah Parcasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. https://www.researchgate.net/profile/Jaka-Afriana/publication/289526009_PROJECT-BASED_LEARNING_PjBL/links/568e835f08ae78cc0515ef3c/PROJECT-BASED-LEARNING-PjBL.pdf

Afwa, C. N., Astuti, E. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Ilmiah, 9(2), 78–89. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3406

Arafyana, A.A., Sugita, G., & Murdiana, I. N. (2018). Penerapan model pembelajaran project-based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII E SMP Negeri 2 Sigi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 278-291. Retrieved from https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/377

Dananjaya, Utomo. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit NUANSA.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020). The Development of Students’Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.076

Harahap, P.N., & Nasution, I.S. (2023). Penerapan Model Project-based learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika di Kelas Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 63–71. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/7

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Akademia. Media.Yogyakarta.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika -VI, (KNPM6), Prosiding, 104-112.

Masambe, Pangemanan, A. S. & Pesik, A. (2022). Penerapan model pbl dan pjbl dalam pembelajaran materi aritmetika sosial. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 40–49. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.745

Mustika Juitaning. (2022. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Project-based learning (PjBL) ditinjau dari kemampuan berpikir Kritis. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(4). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929

Qomariyah, Oemi Noer. (2015). Metode project-based learning (PjBL) pada materi trigometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmerika Sosial Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 212-226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155

Sulistyaningsih, M,. & Mengelep, N. O. (2019). Pembelajaran Arias Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Geometri Analitika Bidang. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp51-54

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan implementasinya Dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Zahara, Rili Konita. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Project-based learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Universitas islam negeri raden intan lampung (Skripsi).

Downloads

Published

2025-04-01

Issue

Section

Articles